Kenapa Indonesia Belum Memasang jaringan 5G? Ini Alasannya

Koneksi internet sekarang sudah mencapai generasi kelima yaitu 5G, dimana kecepatan internetnya mencapai 10gb/s. 5G sudah banyak diuji coba di berbagai negara seperti Cina, Belanda, dan lain sebagainya. Namun kita yang berada di Indonesia mungkin harus sabar menunggu itu semua, karena negara kita ini hanya baru bisa menyediakan jaringan 4G saja.

Memang dalam hal teknologi Indonesia masih jauh tertinggal dari negara-negara lain. Tapi dengan seiring berjalannya waktu Indonesia akan menyalip itu semua agar kita tidak tertinggal lagi oleh negara lain. Walaupun kita belum bisa merasakan kecepatan dari koneksi 5G tapi kita masih bisa merasakan 4G.

Ada beberapa hal mengapa Indonesia belum memasang koneksi untuk jaringan 5G. Beberapa alasan itulah mengapa Indonesia tidak lebih tepatnya beum measang jaringan 5G ini. Di bawah ini saya akan jabarkan beberapa alasan kenapa Indonesia belum bisa menyediakan jaringan 5G ini.

Alasan Indonesia Belum Memasang Jaringan 5G

1. Jaringan 3G/4G Belum Menyeluruh

Ya kita tahu sendiri bukan bahwa jaringan 3G dan 4G masih sedikit belum menyeluruh ke pelosok-pelosok desa. Pada saat peluncuran 4G saja negara kita ini masih mengembangkan koneksi 3G, tapi entah gara-gara apa Indonesia terburu-buru untuk memasang 4G. Hal ini menyebabkan pengembangan 3G menjadi terhenti sehingga di beberapa daerah masih tidak bisa merasakan koneksi jaringan 3G.

2. Mayoritas Smartphone Yang Dimiliki Penduduk Indonesia Belum Support 4G

Kebanyakan smartphone atau Hp yang dimiliki para penduduk Indonesia ini hanya bisa mengakses jaringan 3G ini karena budget dari penduduk indonesia masih belum bisa untuk membeli hp yang sudah bisa mengakses jaringan 4G. 

Sedanngkan yang saya ketahui jaringan 3G saja masih belum menyeluruh di Indonesia, maka dari itu jika indonesia membuat jaringan untuk 5G maka saya rasa itu hanya akan percuma dan malah akan menyebabkan pengembangan dari 4G akan terhenti yang akhirnya akan bernasib seperti jaringan 3G saat ini.

3. Biaya Yang Diperlukan Sangat Banyak

lagi-lagi faktor yang menghambat kemajuan tenologi yaitu biaya. Kita pasti tahu kan hutang negara kita sudah banyak masa akan ditambah lagi cuma gara-gara ingin bisa mengakses jaringan 5G. Bukannya memajukkan malah akan jadi percuma. Seperti yang saya jelaskan diatas mayoritas hp yang dimiliki penduduk Indonesia hanya bisa mengakses jaringan 3G. Jadi seandainya Indonesia memasang jaringan 5G yang bisa mengaksesnya pasti orang yang dompetnya tebal sebab harga smartphone yang isa untuk mengakses jaringan 5G pasti mahal dan itu melebihi budget orang Indonesia pada umumnya.

Itulah beberapa alasan mengapa Indonesia belum memasang jaringan 5G. Perlu diingat lagi ini hanya opini atau pendapat pribadi saya saja. Jika ada yang bisa menambahkan bisa corat coret di kolom komentar.

Share
Like this article? Invite your friends to read :D
12 comments
  1. jaringan 4G sudah cukup lah hehe
  2. 4G di kampung ane aja barh kita nikmati 1 tahun ini Gan. Apalagi mau 5G. Pasti lebih lama lagi. Terima kasih
  3. haha kita sama gan, didaerah ane sinyal 4G baru ada tahun kemarin dan itu pn cuma provider si kuning hihi
  4. Wifian aja cukupp lah ...

    Kunjungi juga ..BROHABIR
  5. Jaringan sekarang udh cukuplah, tpi klo 5g lebih murah gpp wkwk

    Janlupa mampir apkgratisunduh,blogspot.com
  6. selama bisnis menguntungkan kayaknya bisa aja... dulu 3g aja belom merata sudah ada 4g...
  7. Indonesia akan langsung melompat Di 6G om.
    itu yang saya dengar, karena 5G efeknya terlalu buruk. wkwkww