Kunjungi juga blog saya yang satunya kalempedia.com

Alasan Penting Mengapa Website Atau Blog Kamu Harus Mobile Friendly

Dalam beberapa tahun belakangan ini, banyak orang yang menggunakan perangkat mobile. Fenomena ini perlahan-lahan mengubah wjah di dunia digital saat ini. Bukan hanya berpengaruh terhadap kemajuan saja namun juga terhadap perilaku penggunanya.

Sekarang ini ada istiliah Zero Moment of Truth. Istilah ini merujuk pada momen spesial yang terjalin saat calon pelanggan dengan perangkat mobilenya ketika mencari informasi produk/layanan serta sebelum melakukan pembelian.

Google saat ini merubah cara menilai suatu website dalam menyajikan hasil penelusuran untuk para pengguna perangkat mobile. Lebih jelasnya jika website kalian tidak mobile friendly maka website kalian tidak akan atau susah muncul di penulusuran google.

Hal ini dapat meurunkan trafik blog kalian sebab blog atau website kalian tidak muncul di penulusuran google yang secara otomatis pengunjung tidak dapat menemukan situs kalian di pencarian google.

Pada zaman sekarang ini orang lebih suka menggunakan smartphone daripada laptop ataupun komputer. Kebiasaan ini memang bisa menimbulkan dampak yang cukup besar pada banyak industri dalam strategi bisnisnya.

Google membuat pengumuman resmi mengenai spekulasi kuat para ahli bahwa ada perubahan algoritma terhadap oencarian mobile. Pada tanggal 15 april 2015 google menjelaskan bahwa mereka akan memperluas penggunaan mobile friendly sebagai sinyal peringkat, hal ini disampaikan pada blog mereka.

Maka dari itu web atau blogkamu harus mobile friendly karena sekarang pengguna smartphone lebih banyak dibandingkan perang lainnya. Dan berikut mengapa blog kalian harus mobile friendly.

Alasan Mengapa Website Atau Blog Harus Mobile Friendly

1. Banyak Pengguna Smartphone

Perangkat mobile sekarang sedang menduduki peringkat tertinggi dimana 80% orang di seluruh dunia menggunakannya. angka ini setara dengan 1,2 miliyar dan jumlah itu semakin hari semakin meningkat. Tanpa mobile frindly di dalam webiste atau blog kalian, maka website atau blog kalian tidak mungkin bisa merambah segmen ini.

2. Lebih Dari Setengah Website Dibuka Lewat Smartphone

Statcounter, perusahaan riset yang mendata penggunaan internet di lebih dari 2,5 juta website, meyatakan bahwa 51,26% halaman website diakses melalui smartphone pada 2016. Jumlah akses ini melampaui jumlah akses dari desktop untuk pertama kalinya dalam sejarah.

3. Perangkat Mobile Menentukan Keputusan Pembelian.

Tahukah kalian bahwa perangkat mobile lebih memiliki peluang untuk membeli suatu produk atau layanan? Kini banyak calon pelanggan yang menggunakan perangkat mobile untuk browsing produk atau layanan sebelum mereka melakukan pembelian.

Perangkat mobile sudah menjadi seperti asisten dalam kehidupan sehari-hari. Maka tak heran jika mereka selalu mencari produk atau layanan lewat smartphone. Hal ini juga berpengaruh besar terhadap suatu produk.

4. Google Lebih Menyukai Website Yang Mobile Friendly.

Mesin pencarian google memang lebih mengutamakan website yang mobile friendly. Beberapa waktu dulu, dunia internet sempat digegerkan dengan pembaruan algoritma google ini. Peristiwa ini sering disebut dengan mobilegeddon yaitu merujuk pada website yang belum berorientasi dengan mobile. Karena website yang belum mobile frienly lah yang menjadi korban utamanya.

5. Website Dengan Mobile Friendly Dapat Meningkatkan Citra Bisnis Kalian.

Sekarang baru sekitar 56% website yang menggunakan fitur mobile friendly sedangkan lainnya masih belum menggunakannya. Dari sejumlah web yang sudah menggunakan fitur ini, tapi masih banyak yang belum dioptimasi dengan baik.

Survey lain menunjukkan bahwa 89% calon pelanggan bahwa website dapat membuat bisnis lebih terercaya. Sementara itu 79% menyatakan bahwa mereka akan membeli suatu produk atau layanan jika para penjual produk atau layanan mempunyai website.

Itulah beberapa alasan mengapa website atau blog kalian harus mobile friendly. Saya sendiri lebih suka browsing menggunakan Ponsel daripada laptop. Karena ponsel lebih enak untuk digunakan serta mudah dibawa kemana-mana.

Kalem Mase!!!

1 comment

  1. Sangat Kreatif kontennya Bang, makin sukses terus yaaa, jangan pernah menyerah pokokmen, mari mampir ke blog gue Bang, klik aja tulisan ini yaa